Legenda Sepakbola Asal Perancis

Pemilik dari nama lengkap jose mario dos santos mourinho felix ini adalah seorang mantan pesepakbola yang sekarang beralih profesi menjadi pelatih dan lahir ditanggal dua puluh enam (26) bulan januari tahun seribu sembilan ratus enam puluh tiga (1963) silam dikota setubal, portugal. Sekarang ini, pria yang lebih akrab disapa jose mourinho tersebut tengah menangani sebuah klub berita sepak bola indonesia raksasa dikancah liga primer inggris dan dunia, manchester united setelah sebelumnya dirinya sempat melatih beberapa klub besar lain mulai dari chelsea, inter milan, real madrid, hingga porto football club dimana ia mengkumandangkan namanya dibenua eropa dengan menjuarai pergelaran liga champions. Semua tim yang baru saja disebutkan memiliki gelontoran dana yang besar sehingga tidak heran jika jose mourinho memang mengiyakan tawaran dari seluruh tim itu akibat kebebasan bergerak dibursa transfer.


Pada tahun dua ribu tujuh belas (2017) kemarin, jose mourinho juga sempat menjadi salah satu dari sepuluh (10) pelatih berita bola dunia terbaik sepanjang sejarah terciptanya UEFA alias asosiasi yang mengepalai seluruh organisasi pesepakbolaan benua eropa sedari tahun seribu sembilan ratus lima puluh empat (1954) silam. Dari sini bisa dilihat betapa mahirnya seorang pelatih yang sekarang tengah menangani raksasa liga primer inggris manchester united dalam menjalankan tugasnya mengatur strategi lantaran tidak banyak memang juru taktik yang mampu mencetak prestasi dan pencapaian serupa. Pelatih lain yang juga masuk kedalam daftar itu adalah nama beken seperti sir alex ferguson yang sempat mencetak kesuksesan bersama manchester united serta josep pep guardiola asal spanyol yang meskipun hanya melatih barcelona dalam waktu singkat namun sanggup mengantarkan blaugrana menjuarai seluruh turnamen yang mereka ikuti bundar kedalam gawang lawan.


Seorang jose mourinho muda memulai keterlibatannya didalam dunia pesepakbolaan ketika pelatih sepakbola profesional yang kini menukangi manchester united dipergelaran liga primer inggris tersebut menjadi seorang pesepakbola profesional yang mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau pada panggung divisi kedua portugal sana. Memang tidak jarang juga kita mendengar kehidupan seorang pelatih berita bola yang dulunya harus berkutat didunia yang sama dengan para anak didiknya sebelum menjadi seperti sekarang dan tidak banyak juga dari mereka yang mampu mencatatkan prestasi gemilang semasa masih menjadi pemain. Salah satu pengecualian adalah zinedine zidane, legenda sepakbola asal perancis yang sempat membawa negaranya menjuarai pergelaran piala dunia dan sekarang melatih real madrid di la liga spanyol, serta berhasil mempersembahkan dua (2) gelar liga champions secara beruntun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diraih Oleh Dimitar Berbatov

Menit Pertama Berita Bola

Yang Kerap Tidak Dimainkan