Dari Kiri Ke Kanan

Walaupun posisi sayap seperti ini sendiri merupakan sebuah pemain yang peran dan penempatannya diatas lapangan hijau bisa dibilang cukup umum didalam dunia sepakbola, namun penggunaan posisi yang satu ini juga tidak diwajibkan bagi sebuah tim. Sepanjang sejarah pesepakbolaan dunia, sudah banyak sekali tim berita sepak bola indonesia yang mampu meraih kejayaan dengan tanpa memainkan satu sayap pun walaupun mereka juga harus memanfaatkan strategi lain. Dalam skema formasi empat empat dua (4-4-2) ataupun empat lima satu (4-5-1) misalnya, sebuah tim juga tidak dipaksakan untuk menggunakan sayap meskipun mereka memiliki banyak sekali gelandang. Tentu saja penggunaan formasi seperti ini biasanya bertujuan untuk mengecoh strategi yang diterapkan oleh pelatih lawan namun walaupun tim tersebut tidak memberikan tugas winger kepada salah satu pemainnya namun hal ini bukan berarti mereka juga tidak bisa menghalau pergerakan winger lawan karena pada intinya dengan gelandang dan juga pemain bertahan alias bek sebanyak itu, tentu saja tugasnya masing - masing dibagi.


Kemudian juga ada jenis dari sayap yang lainnya, yakni sayap terbalik alias inverted winger, sebuah posisi dalam sepakbola yang dikembangkan oleh para pelatih dengan gaya kepelatihannya masing - masing guna mengikuti perkembangan zaman yang terus menerus terjadi di berita bola dunia. Kebanyakan dari sayap tipe yang satu ini biasanya ditugaskan untuk menempati area lapangan sebelah kiri maupun kanan tergantung dari kaki dominan mereka, dimana biasanya pesepakbola dengan kaki dominan sebelah kanan menempati lapangan hijau bagian kiri dan sebaliknya. Peran seperti ini juga terkadang sangat menguntungkan tim terutama apabila lawan tidak memprediksi hal tersebut, contoh misalnya peran cristiano ronaldo sang megabintang tim nasional portugal serta real madrid yang sanggup dimainkan dikedua sisi dan mampu mencetak gol menggunakan kedua kakinya walaupun belakangan ini dia sering mandul bermain hingga usia tua.


Akan tetapi apabila posisi sayap pada umumnya seperti yang telah dijelaskan pada beberapa artikel berita bola sebelumnya dibalik dan seorang winger akhirnya dimainkan oleh sang pelatih disisi yang berbeda dibandingkan kaki dominan mereka masing - masing seperti misalnya pesepakbola dengan kaki dominan kanan ditugaskan untuk melingkupi area sebelah kiri lapangan hijau, maka pemain tersebut secara efektif dapat diubah perannya sewaktu - waktu menjadi supporting striker, alias penyerang bayangan yang bertugas untuk menyokong penyerang asli didepan serta memiliki tugas utama untuk menggedor pertahanan lawan serta menggetarkan jala gawang lawan apabila kondisi memang menguntungkan mereka. Tentu saja hal ini tidak seratus persen (100%) pasti terjadi didunia sepakbola namun tidak jarang juga pelatih menerapkan strategi dimana para sayapnya bergonta - ganti posisi dari kiri ke kanan dan sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diraih Oleh Dimitar Berbatov

Menit Pertama Berita Bola

Yang Kerap Tidak Dimainkan